Selasa, 14 Februari 2012

Keluarga Melon

Friends,,,malam ini aku mau cerita tentang buah yang pastinya udah sering kamu temui yaitu M E L O N
Yap! kamu-kamu semua udah tau kan bentuk buah melon kayak apa ?
Tapi apa kalian tau jenis-jenis melon ? karena yang sering kita temui biasanya kan cuma melon dengan daging buah berwarna hijau terusss kulitnya berjaring-jaring dan warnanya hijau juga,,iya kaaannn ? Nah ternyata melon itu banyak banget jenisnya,,,so check this out...

  • CANTALOUPE
Konon berasal dari daerah Papal Villa of Cantaloupe, dekat Roma, Italia, sekitar tahun 1700. Warna kulitnya mirip melon hijau yang biasa kita kenal, tetapi dengan bentuk jaring yang agak berbeda, dan daging buahnya berwarna oranye. melon ini cita rasanya lebih manis daripada yang hijau. versi Australia-nya disebut rock melon.





  • HONEYDEW
Melon dengan permukaan kulit halus dan warna kulit putih kehijauan hingga kuning muda. Daging buahnya berwarna kehijauan, dengan kadar air yang tinggi. Tekstur daging buahnya cenderung lebih keras. Meski dinamakan honeydew (madu), tidak berarti melon ini yang paling manis.



  • CASABA MELON
Banyak ditanam di Amerika Utara dan Amerika Serikat bagian barat daya, seperti Arizona dan California. Namanya diambil dari wilayah Kasaba di turki, sebagai nama tempat pertama kali melon ini ditemukan tahun 1900. Daging buahnya berwarna kehijauan, dengan aroma yang harum, mirip dengan cantaloupe, tapi daging buahnya lebih keras. Kadar air melon jenis ini cenderung rendah, sehingga lebih sering digunakan untuk campuran salad.


  • PERSIAN MELON
Bentuk dan warna daging buahnya sangat mirip dengan cantaloupe, hanya ukurannya lebih besar. Dinamakan persian melon karena melon ini banyak  ditanam di wilayah persia.



  • CANARY MELON
Bentuknya agak lonjong dengan ujung meruncing. Ukurannya lebih besar dari cantaloupe dan honeydew. Warna kulitnya kuning-oranye dengan tekstur yang halus. Daging buahnya lembut berwarna putih kekuningan.


  • OGEN MELON
Pertama kali ditemukan tahun 1960 di wilayah Kibbuts. Bentuknya bulat, kulitnya halus, dengan warna kekuningan dan bergaris hijau. Kadar air di dalam daging buahnya tinggi. cita rasanya tidak terlalu manis, jika dibandingkan dengan cantaloupe.



  • GALIA MELON
Merupakan hasil persilangan dari honeydew dan cantaloupe hingga menghasilkan bentuk buah dan tekstur kulit yang kasar seperti cantaloupe, tapi warna kulitnya kekuningan seperti honeydew. melon ini banyak ditemukan di Brasil, Spanyol, Costa Rica, Panama, dan Mesir.


Melon tuh memiliki banyak khasiat friends,,

misalnya melon yang berwarna oranye mengandung karotenoid yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Selain itu melon juga banyak mengandung mineral yang dapat membantu menurunkan tingkat keasaman dalam tubuh. Melon juga mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosin yang berfungsi untuk menghentikan penggumpalan dalam pembuluh darah (mencegah trombosis). Kandungan asam folat yang tinggi di dalam melon membantu memperlancar aktivitas metabolisme di dalam tubuh. Dan yang terkahir,,melon memiliki sifat diuretik yang sangat baik karena banyak mengandung air sehingga dapat mengurangi resiko penyakit ginjal.

So, friends mulai sekarang ngga ada salahnya kalo kamu rajin makan melon. Kalo kamu bosen dengan melon yang itu-itu aja, sekarang kamu bisa ganti dengan jenis melon yang lainnya kan,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar