Senin, 16 Januari 2012

Mengenal Rempah Kering

Berikut adalah beberapa rempah kering yang jarang kita gunakan :

1. Jintan (Cumin)
Rempah biji-bijian ini dijual dalam bentuk serbuk dan utuh. Bentuknya menyerupai padi kecil. Aromanya harum, rasanya agak manis dengan warna kehitaman. Di Eropa rempah ini digunakan sebagai pengharum kaldu, puding, dan roti. Kita sering menggunakan bumbu ini dalam olahan opor ayam dan kari.

2. Kapulaga (Cardamoms)
Masyarakat Eropa dan Timur Tengah kerap menggunakan rempah ini. Buah dari sejenis tanaman jahe ini dijual dalam bentuk utuh dan serbuk. Biasa digunakan sebagai pengharum kari, gulai, kue lapis legit, dan aneka olahan daging. Selain beraroma harum, kapulaga bisa mengurangi amis. Di pasaran tersedia 3 jenis kapulaga: hitam, putih, dan hijau.



3. Adas (Fennel Seeds)
Seperti jintan, adas berbentuk padi mini. Aromanya harum, segar dengan sedikit pedas. Biasa digunakan untuk olahan sop ikan hidangan laut, kari, dan gulai. Adas juga dipakai sebagai campuran obat tradisional.



4. Adas Manis (Caraway)
Sepintas mirip adas namun warnanya lebih gelap, lebih langsing dengan rasa sedikit pahit. Dijual dalam bentuk serbuk dan utuh. Rempah ini biasa dicampur ke dalam olahan daging, roti, pudding, kue kering, dan cake. Agar aromanya lebih harum, sangrai, dan haluskan terlebih dahulu sebelum digunakan.



5. Bunga Lawang (Star Anise)
Sering disebut sebagai pekak. Bentuknya menyerupai bintang. Di pasaran tersediadalam bentuk utuh dan bubuk. Biasa digunakan dalam masakan China dan Vietnam. Hidangan unggas, ikan, sayuran, hingga dessert akan lebih harum dengan menambahkan rempah yang satu ini.


6. Ketumbar (Coriander)
Bumbu ini  memberi aroma gurih dan segar pada masakan. Dijual dlam bentuk butiran dan serbuk. Sebelum digunakan sangrai terlebih dahulu agar aromanya “keluar”. Ketumbar membuat ayam goreng, empal dan hidangan bersantan menjadi lebih harum dan segar. 


7. Pala (Nutmeg)
Termasuk rempah popular. Dijual dalam bentuk utuh dan serbuk. Aromanya harum, bercita rasa hangat dan manis. Cocok untuk campuran bahan minuman hangat, pudding, kue dan cake. Di dalam seni masak-memasak, biji pala biasa digunakan sebagai pengharum sop, rollade, sop, steak, dan olahan daging lainnya.


8. Klabet (Fenugreek Seeds)
Rempah dari Mediterania ini mempunyai cita rasa agak pahit. Di India, dikenal dengan sebutan methi. Biasanya, rempah ini dihaluskan dan di campur dalam bumbu kari, gulai dan kallo. Sangrai dan haluskan lebih dulu sebelum dicampur ke dalam masakan. Hidangan anda pun menjadi lebih kental, berminyak dan harum.
Sumber : Majalah Sartika vol. 42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar